https://www.e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/issue/feedJurnal Progresif Manajemen Bisnis2025-08-19T20:23:59+07:00Administratore-jurnal@stie-ibek.ac.idOpen Journal Systems<p>Jurnal Progresif Manajemen Bisnis (JPMB) merupakan jurnal yang menampung serta mempublikasikan penelitian-penelitian empiris terkini dengan cakupan Seni dan Ilmu Manajemen; Keuangan, Pemasaran, Manajemen Operasional dan Sumber Daya Manusia.</p> <p>Jurnal ini diterbitkan dua (2) kali dalam setahun dan bertujuan sebagai sarana untuk menyebarluaskan illmu pengetahuan dan disiminasi informasi yang berkaitan erat dengan aplikasi Ilmu Manajemen baik pada aktifitas perusahaan maupun industri.</p> <p>Jurnal Progresif Manajemen Bisnis menerima kiriman artikel ilmiah dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan mengikuti pedoman penulisan yang telah ditentukan.</p>https://www.e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/437ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA, PROFESIONALISME KERJA, DAN KOMITMEN BERKELANJUTAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RM PAPAWU NOODLE HOUSE2025-08-19T20:23:59+07:00Wahyudy Kristiantoyudychrist070@gmail.comZamharizamharialparizhimm2@stie-ibek.ac.idNovikanovika@stie-ibek.ac.id<p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM), Profesionalisme Kerja, dan Komitmen Berkelanjutan terhadap Kepuasan Pelanggan di RM Papawu Noodle House Pangkalpinang. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei pada 91 responden, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Manajemen SDM berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan melalui kompetensi dan kualitas pelayanan karyawan; Profesionalisme Kerja juga berpengaruh signifikan melalui sikap disiplin, tanggung jawab, dan etika dalam bekerja; sedangkan Komitmen Berkelanjutan berpengaruh melalui konsistensi kualitas layanan dan inovasi berkelanjutan. Secara simultan, ketiga variabel tersebut terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, yang menunjukkan bahwa kombinasi manajemen SDM yang efektif, profesionalisme tinggi, dan komitmen jangka panjang menjadi faktor utama dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.</p>2025-11-07T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Wahyudy Kristianto, Zamhari, Novikahttps://www.e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/419ANALISIS KENAIKAN RASIO PROFITABILITAS PERUSAHAAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN ENVIRONMENTAL, SOCIAL AND GOVERNANCE (ESG) PADA PT. BANK CENTRAL ASIA TBK PERIODE 2014-20232025-07-21T11:45:02+07:00Servia Jovianjovianservia@gmail.comRyan Hasianda Tigorryanhasianda@stie-ibek.ac.idMedinalmedinal@stie-ibek.ac.id<p style="text-align: justify;">Analisis Kenaikan Rasio Profitabilitas Perusahaan Sebelum dan Sesudah Penerapan <em>Environmental, Social, and Governance </em>(ESG) pada PT. Bank Central Asia Tbk periode 2014-2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat kenaikan rasio profitabilitas perusahaan sebelum dan sesudah penerapan <em>Environmental, Social, and Governance </em>(ESG) pada PT. Bank Central Asia Tbk periode 2014-2023 yang diproksikan dengan <em>return on asset, return on equity, </em>dan <em>Net Profit Margin</em>. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan yaitu dengan mempelajari literatur, catatan, jurnal penelitian, karya ilmiah, dan buku yang berkaitan dengan teori dan permasalahan yang akan dibahas lalu ditambah dengan metode dokumentasi. Sumber yang digunakan adalah data sekunder berupa data laporan keuangan PT. Bank Central Asia Tbk pada periode 2014-2023. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis uji beda rata-rata.Hasil penelitian menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada variabel<em> return on asset </em>dan <em>return on equity</em>, namun terdapat perbedaan signifikan pada variabel <em>Net Profit Margin</em> sebelum dan sesudah penerapan <em>Environmental, Social, and Governance </em>(ESG) pada PT. Bank Central Asia Tbk periode 2014-2023.</p>2025-07-21T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Servia Jovian, Ryan Hasianda Tigor, Medinalhttps://www.e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/442ANALISIS PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. BANGUN BANGKA BERSAMA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI KEBERLANJUTAN DAN INKLUSIFITAS DI KOTA PANGKALPINANG2025-08-19T20:15:31+07:00Ferri Salimferrisalim110203@gmail.comRizal R. Manullangrizal.ruben@stie-ibek.ac.idMedinalmedial@stie-ibek.ac.id<p style="text-align: justify;">Skripsi karya Ferri Salim dengan NIM 230210014 yang berjudul “Analisis Pengaruh Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan pada PT. Bangun Bangka Bersama dalam Perspektif Ekonomi Keberlanjutan dan Inklusifitas di Kota Pangkalpinang” terdiri dari 112 halaman tanpa lampiran. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh efisiensi, jangkauan, keberlanjutan, dan inklusivitas saluran distribusi terhadap volume penjualan perusahaan. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan wawancara, data dikumpulkan dari 83 responden melalui teknik Simple Random Sampling. Analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan JASP for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel distribusi (efisiensi, jangkauan, keberlanjutan, dan inklusivitas) berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, baik secara parsial maupun simultan. Secara simultan, pengaruh keempat variabel ditunjukkan oleh nilai p-value 0,001 < 0,05 dan Fhitung 129,552 > Ftabel 2,49.</p>2025-11-13T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Ferri Salim, Rizal R. Manullang, Medinalhttps://www.e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/427ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK, PEMASARAN HIJAU, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN MEREK ViZ KOTA PANGKALPINANG 2025-08-19T19:58:55+07:00Sheren Marshal Liesherenmarshallie@gmail.comZamhari zamharialparizhimm2@stie-ibek.ac.idHendarti Tri Setyo Mulyani hendarti.tri@stie-ibek.ac.id<p style="text-align: justify;">Skripsi ini disusun oleh Sheren Marshal Lie (NIM 640210001) dengan judul <em>“Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Pemasaran Hijau, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan Merek ViZ di Kota Pangkalpinang.”</em> Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya kesadaran lingkungan konsumen serta pentingnya kualitas produk dan kekuatan merek dalam keputusan pembelian. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei terhadap 100 responden, analisis dilakukan menggunakan regresi linier berganda melalui program JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran merek, pemasaran hijau, dan kualitas produk secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk ViZ di Kota Pangkalpinang.</p>2025-11-07T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Sheren Marshal Lie, Zamhari , Hendarti Tri Setyo Mulyani https://www.e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/422ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN MANAJEMEN INOVASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KEBERLANJUTAN USAHA EKONOMI KREATIF SUBSEKTOR KULINER DI KOTA PANGKALPINANG 2025-08-19T19:58:24+07:00Bobby Adithamabobbyadithama@gmail.comRizal R. Manullangrizal.ruben@stie-ibek.ac.idHendarti Tri Setyo Mulyanihendarti.tri@stie-ibek.ac.id<p style="text-align: justify;">Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan dan manajemen inovasi kewirausahaan terhadap keberlanjutan bisnis ekonomi kreatif subsektor kuliner di Kota Pangkalpinang. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 90 pelaku usaha kuliner yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan tidak memiliki pengaruh parsial yang signifikan terhadap keberlanjutan bisnis, sedangkan manajemen inovasi kewirausahaan memiliki pengaruh parsial yang positif dan signifikan. Secara simultan, baik literasi keuangan maupun manajemen inovasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan bisnis. Temuan ini menyoroti peran dominan inovasi dalam menjaga kinerja bisnis dalam ekonomi kreatif kuliner, sementara literasi keuangan saja mungkin tidak berdampak langsung terhadap keberlanjutan kecuali diintegrasikan dengan strategi inovasi yang efektif.</p>2025-11-07T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Bobby Adithama, Rizal R. Manullang, Hendarti Tri Setyo Mulyanihttps://www.e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/417PENGARUH PEMASARAN BERKELANJUTAN, KESADARAN LINGKUNGAN, DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTION (STUDI KASUS PADA KONSUMEN KONGSI)2025-07-16T10:56:54+07:00Dinda Syailina Putridinda250303@gmail.comZamharizamharialparizhimm2@stie-ibek.ac.idNovikanovika@stie-ibek.ac.id<p style="text-align: justify;">Penelitian ini disusun oleh Dinda Syailina Putri dengan Nomor Induk Mahasiswa 640210042 dan mengangkat judul “Pengaruh Pemasaran Berkelanjutan, Kesadaran Lingkungan, dan <em>Social Influence</em> Terhadap <em>Green Purchase Intention</em> (Studi Kasus pada Konsumen KONGSI)”. Studi ini dilaksanakan selama periode Januari hingga Juni 2025. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pemasaran berkelanjutan, kesadaran lingkungan, serta <em>social influence</em> memengaruhi <em>green purchase intention</em> pada konsumen KONGSI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 88 responden yang merupakan konsumen KONGSI, dengan pemilihan sampel menggunakan teknik <em>probability sampling</em>. Analisis data dilakukan melalui serangkaian uji, seperti Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linier Berganda, Uji F (simultan), dan Uji t (parsial) dengan bantuan perangkat lunak JASP. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga variabel, yaitu pemasaran berkelanjutan, kesadaran lingkungan, dan <em>social influence</em>, berpengaruh positif serta signifikan terhadap <em>green purchase intention</em>. Secara bersama-sama, ketiganya memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan niat konsumen untuk melakukan pembelian produk ramah lingkungan.</p>2025-07-16T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Dinda Syailina Putri, Zamhari, Novikahttps://www.e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/430PENGARUH PRODUK HIJAU DAN PERIKLANAN HIJAU TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SUSU ULTRAMILK (STUDI KASUS PADA KECAMATAN PANGKALBALAM)2025-08-19T20:10:35+07:00Sintia Feronikasintiaferonika24@gmail.comDeara Shinta Lestarideara@stie-ibek.ac.idHendarti Tri Setyo Mulyanihendarti.tri@stie-ibek.ac.id<p style="text-align: justify;">Penelitian ini ditulis dan dipersiapkan oleh Sintia Feronika dengan NIM 200210015, berjudul “Pengaruh <em>Green Product</em> dan<em> Green Advertising </em>Terhadap Keputusan Pembelian Susu Ultramilk (Studi Kasus pada Kecamatan Pangkalbalam)”. Penelitian ini dilakukan dari bulan Januari hingga Juni 2025. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh <em>Green Product</em> dan<em> Green Advertising </em>terhadap keputusan pembelian dalam membeli produk, baik secara individu maupun bersamaan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden di Kecamatan Pangkalbalam. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, Uji Simultan (Uji F) dan Uji Parsial (Uji t) yang diolah dengan JASP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa <em>Green Product</em> dan<em> Green Advertising </em>memiliki pengaruh posistif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, kedua variabel memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kepuusan pembelian.</p>2025-11-13T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Sintia Feronika, Deara Shinta Lestari, Hendarti Tri Setyo Mulyani